Macam – Macam Minuman Sehat yang Bisa Kamu Buat di Rumah

macam macam minuman sehat

Pasti ada kalanya kamu bosan meminum minuman yang itu-itu saja seperti air mineral, susu, teh, atau kopi. Mungkin juga kamu ingin menghindari minuman manis dan ingin mencoba macam-macam minuman sehat?

Minuman sehat banyak sekali macamnya dan bahkan bisa kamu buat sendiri di rumah. Bukan hanya sekedar teh, susu, dan kopi, kamu juga bisa banget mengkreasikan berbagai jenis bahan seperti rempah dan buah untuk menjadi sebuah minuman yang menyehatkan dan bisa membawa efek positif bagi tubuhmu.

Tetapi, seperti apa sih sebenarnya minuman yang sehat itu?

Minuman sehat adalah minuman yang rendah kalori, rendah gula, dan memberikan tubuh kita hidrasi yang kita butuhkan. Jika idealnya kita harus minum 6-8 gelas (2 – 3 liter) cairan setiap hari sebagai bagian dari diet seimbang. Maka kita bisa mengkombinasikan minuman sehat ke dalam asupan cairan per harinya.

Meskipun air mineral adalah cara termudah dan termurah untuk tetap terhidrasi, di masa sekarang ada berbagai macam minuman dengan berbagai rasa yang bisa merusak kesehatan kita beredar bebas di pasaran. Padahal, minuman yang sehat juga bermacam-macam jenisnya, bahkan bisa kita buat sendiri di rumah.

Sebelum mengetahui macam-macam minuman sehat, ada baiknya kita mengenali minuman yang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan terlebih dahulu. Minuman yang tidak sehat dan perlu dikurangi atau bahkan dihindari adalah minuman yang tinggi kafein, tinggi gula, serta tinggi lemak.

Pengaruh Minuman Tidak Sehat

Minuman yang tidak sehat banyak sekali beredar di pasaran. Agar bisa lebih berhati-hati kamu mungkin harus mengamati label kemasan sebelum membeli minuman tersebut. Hal tersebut harus kamu lakukan untuk menghindari minuman-minuman yang bisa menyebabkan penyakit. Lalu seperti apa pengaruh minuman tidak sehat?

  1. Minuman tinggi gula, seperti jus dan smoothies kemasan, serta minuman bersoda, dapat menyebabkan kerusakan gigi jika sering dikonsumsi. Ini terjadi karena bakteri dalam plak gigi mengubah gula menjadi energi, menghasilkan asam yang dapat memecah email gigi.
  2. Minuman berkafein tinggi, seperti kopi, teh, atau minuman bersoda mengandung banyak kafein yang bisa menjadi stimulan yang dapat menghasilkan ledakan energi dengan cepat. Meskipun ini aman sebagai bagian dari diet seimbang, namun banyak penelitian yang mengatakan jika terlalu banyak asupan kafein bisa berpengaruh pada fungsi kardiovaskuler yang tidak teratur, dan gangguan tidur.
  3. Minuman tinggi lemak, seperti susu tinggi lemak atau milkshake, sebaiknya tetap menjadi porsi kecil dari diet seimbang orang dewasa. Meskipun minuman berbahan dasar susu tinggi lemak dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan anak, disarankan agar orang dewasa menggantinya dengan susu skim atau rendah lemak untuk menghindari penambahan berat badan.

Macam-macam Minuman Sehat

Berbagai minuman sehat berikut ini sangat mudah untuk kamu buat di rumah, lho.

  1. Jus & Smoothies

Jus yang paling baik adalah jus sayuran hijau (green juice) yang terbuat dari berbagai jenis sayuran hijau seperti seledri, kangkung, tomat hijau, bayam, rumput gandum, mentimun, peterseli, ataupun daun mint.

Mengingat rasanya yang cenderung pahit, kamu bisa menambahkan sedikit buah-buahan untuk membuatnya lebih manis dan lebih lezat. Pilihan buah-buahan yang bisa kamu pilih adalah seperti apel, beri, kiwi, lemon, jeruk, jeruk bali, dan lainnya.

Tak hanya jus sayuran hijau, kamu juga bisa membuat jus buah di rumah seperti mangga, buah naga, jeruk, kurma, pisang, jambu biji, wortel, tomat, apel, strawberry, dll.

Selain jus, kamu juga bisa membuat smoothies di rumah yang biasanya terbuat dari buah-buahan seperti mangga, alpukat, pisang, dan buah-buahan lainnya. Dalam membuat smoothies pun kamu bisa mencampurkan bahan lain untuk menambah gizi dan rasa kenyang, seperti kacang mede atau almond, wortel, cokelat, jahe, hingga yogurt.

Smoothies sendiri bisa menjadi pengganti porsi makanmu jika kamu bisa mengkombinasikan kandungan bahan di dalamnya. Semakin kental tekstur smoothies maka akan semakin mengenyangkan. Jadi kamu mungkin bisa menggunakan buah padat seperti pisang atau alpukat dan digabungkan dengan kacang-kacangan dan yogurt.

Yang terpenting dalam membuat jus dan smoothies adalah hindari penggunaan gula. Namun jika kamu ingin menambah rasa manis, kamu dapat menambahkan buah-buahan yang manis, ataupun madu agar jus dan smoothies buatanmu bisa menjadi lebih sehat dan memberikan efek maksimal ke dalam tubuhmu. 

  1. Es Kelapa Jeruk Nipis

Siang yang terik pasti akan membuatmu dehidrasi dan menginginkan minuman yang menyegarkan. Air kelapa sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh, serta dapat menambah elektrolit dan mineral tubuh. 

Es kelapa jeruk nipis bisa kamu buat di rumah dengan mudah, lho. Selain mudah, jika kamu membuatnya sendiri kamu bisa mengatur tingkat gula agar tidak berlebihan. Tak hanya itu, tambahan jeruk nipis pada es kelapa bisa memberikanmu vitamin C tambahan.

  1. Sop Buah

Sop buah bisa membuatmu merasakan berbagai manfaat berbagai buah dalam satu mangkuk yang menyegarkan. Sop buah bisa kamu isi dengan buah apapun yang kamu suka dan bisa dikombinasikan dengan chia seed atau selasih, kelapa, nata de coco, puding, jelly, atau agar-agar.

Untuk menjaga kandungan menyehatkan pada sop buah ada baiknya kamu menggunakan madu sebagai pengganti gula, dan susu skim untuk mengganti kental manis, atau kamu bisa menggunakan air kelapa untuk menggantikan air biasa.

  1. Wedang Jahe

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Wedang jahe juga sangat mudah dibuat di rumah hanya dengan menggunakan beberapa bahan seperti jahe, serai, gula merah, daun pandan, dan gula pasir (dapat diganti dengan madu).

Minuman yang biasa disajikan panas maupun hangat ini tak hanya bisa menghangatkan badan namun juga menyehatkan badan seperti meredakan nyeri dan sakit, menghilangkan mual, melawan peradangan rematik dan osteoarthritis, mengendalikan kadar gula darah, hingga menurunkan berat badan. Selain itu, wedang jahe juga kaya antioksidan untuk mengurangi risiko penyakit kronis yang diakibatkan oleh efek buruk radikal bebas. 

  1. Es Kacang Merah

Es yang banyak ditemukan di Hong Kong ini tak hanya menyegarkan namun juga menyehatkan. Kacang merah sendiri mengandung asam folat, karbohidrat kompleks, kalsium, serat, dan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tak hanya itu, asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat, kalium, magnesium, fosfor, zat besi dan zinc juga terdapat pada kacang merah. Sehingga jika mengonsumsi kacang merah secara teratur maka risiko terkena penyakit jantung dan diabetes bisa berkurang, dan berat badanmu juga bisa terjaga.

Demikianlah macam-macam minuman sehat yang bisa kamu buat dengan mudah di rumah. Rasa minuman sehat yang enak dan menyegarkan tersebut tak hanya dapat menyegarkan dahaga namun juga membuat tubuh lebih sehat! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.